BMKG dan KORIKA Bersinergi, Menuju Kemajuan Teknologi dalam Pelayanan MKG

Created at: 05 Feb 2024 | By: Administrator | Berita

Jakarta, 31 Januari 2024 - Dalam perkembangan teknologi bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, bertemu dengan Hammam Riza, selaku Ketua Umum KORIKA (Kolaborasi Riset dan Inovasi Kecerdasan Artifisial Indonesia) di Kantor Pusat BMKG bahas AI untuk tingkatkan kualitas layanan MKG, Rabu (31/1).

Pertemuan ini menyoroti komitmen BMKG untuk meningkatkan kualitas layanannya. Dwikorita juga menyampaikan dedikasi BMKG untuk memajukan teknologi yang digunakan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah aktif bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk KORIKA.

"Diketahui bahwa untuk mewujudkan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat dan bangsa Indonesia BMKG terus berupaya tingkatkan kemajuan teknologi dan sumber daya manusianya khususnya saat ini terus menggencarkan penerapan artificial intelligence dalam memberikan informasi dan peringatan dini meteorologi klimatologi dan geofisika" Kata Dwikorita dalam pertemuan bersama KORIKA.

KORIKA merupakan sebuah organisasi yang beranggotakan para peneliti dan pakar kecerdasan artifisial dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga penelitian di Indonesia. KORIKA memiliki pengalaman dan berkompeten dalam pengembangan teknologi kecerdasan artifisial yang dapat memberikan kontribusi yang memberikan hasil positif untuk kemajuan BMKG.

Pertemuan antara Kepala BMKG dan Ketua Umum KORIKA tersebut menjadi wadah bagi kedua belah pihak untuk menciptakan inovasi di sektor meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Dengan adanya pertemuan ini, diharapkan BMKG dapat berkolaborasi untuk meningkatkan layanan dalam menyediakan informasi yang lebih akurat dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

© Copyright 2022 - 2024 Pusmetbang BMKG. Crafted by Satriyo