Groundbreaking Gedung InaTEWS Bali: BMKG Perkuat Layanan Informasi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

Created at: 05 Feb 2024 | By: Administrator | Berita

Bali, 02 Februari 2024 - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyampaikan rasa syukur atas pembangunan Gedung InaTews sebagai backup command center BMKG pada acara groundbreaking gedung InaTews di Bali. Dalam sambutannya, Kepala BMKG menyampaikan pentingnya kehadiran BMKG dalam memberikan layanan informasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika di Indonesia.

Dwikorita menambahkan, pembangunan gedung InaTews di Bali merupakan langkah penting guna memastikan keberlanjutan layanan BMKG, terutama dalam menghadapi tantangan terkait cuaca, iklim, dan geofisika di wilayah Indonesia. Nantinya gedung ini akan menjadi backup dari command center pusat dan menjadi tolak ukur lembaga Meteorologi Klimatologi serta Geofisika Internasional dalam menunjukan konsistensi Indonesia menyediakan layanan informasi dan data yang tidak hanya diperuntukan level nasional namun diperuntukan level dunia, dimana command center backup ini akan menjamin kinerja pelayanan BMKG tetap berjalan 24 jam tanpa henti.

Adanya backup command center ini diharapkan, BMKG dapat lebih responsif dalam memberikan informasi juga peringatan dini terkait bencana alam dan kondisi lingkungan. "BMKG memberikan informasi peringatan dini untuk empat hal, peringatan dini cuaca ekstrem, peringatan dini iklim ekstrem, peringatan dini gelombang tinggi, serta peringatan dini tsunami dan semuanya difasilitasi dalam satu gedung ini" ungkap Dwikorita.

Keberadaan BMKG sebagai lembaga yang memberikan layanan informasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika sangat penting dalam mendukung kegiatan masyarakat, pemerintah, dan sektor bisnis. "Dukungan dari instansi mitra dan pemerintah daerah, seperti yang terlihat dalam acara groundbreaking gedung InaTews, merupakan langkah positif dalam memperkuat peran BMKG dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia" pungkasnya.

Dengan semangat pembangunan gedung InaTews di Bali, BMKG menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas layanan informasi dan menjadi mitra yang andal dalam upaya mitigasi bencana alam serta adaptasi terhadap perubahan iklim di Indonesia. Selain itu, BMKG juga semakin memperkuat infrastruktur dan layanan informasi, yang akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

© Copyright 2022 - 2024 Pusmetbang BMKG. Crafted by Satriyo